Penjelasan Jenis - Jenis Variable Pada GML (Game Maker Language)

1. Variable (String dan Integer)

tomat=10
makan="belum"
lapar="tidak"

Variable yang mana? itu loh yang tomat,makan,dan lapar
nah 10,"belum",dan "tidak" itu value atau isi (nilai) dari variable itu
adapun jenis value nya:

string:
string adalah value yang berjenis tulisan atau text
contoh di atas yang termasuk variable jenis value string adalah makan dan lapar karena isinya "belum" dan "tidak"
kenapa string?, ya kan "belum" dan "tidak" berbentuk text/tulisan
sedikit catatan menulis string harus di dalam tanda petik ' text ' atau " text "
integer:
integer adalah value yang berjenis angka
contoh di atas yang termasuk variable jenis value integer adalah tomat karena isinya 10 (angka sepuluh) kenapa integer?, udah jelas kan kalo 10 itu adalah angka :D
sedikit catatan menulis integer tidak perlu tanda petik.

cara memanggil variablenya cukup ketik saja nama variablenya

draw_text(x,y,"Saya punya tomat " + tomat + " Kamu mau? " + string(lapar) + " Emang belum lapar? " + string(makan) )
hasilnya

Saya punya tomat 10 Kamu mau? tidak Emang belum lapar? belum

2.Variable Array

profil_ku[0]=" sicheater "
profil_ku[1]=21
profil_ku[2]=" September "

Variable Array adalah variable yang memiliki isi/value lebih dari 1
ini bisa untuk membuat game menu simple (caranya kapan" aja :D )
nama variablenya sama tapi id/blok nya yang berbeda
id/blok tidak boleh minus, hanya bisa 0 ke atas (0,1,2,3,4,5 dst)

cara memanggilnya:

draw_text(x,y,"nama saya " + string(profil_ku[0]) + " tanggal dan bulan lahir " + string(profil_ku[1]) + string(profil_ku[2]) )
hasilnya

nama saya sicheater tanggal dan bulan lahir 21 september

3.Local Variable

var tomat,dijual,harga;
tomat=1
dijual="tidak"
harga=1000

Variable Lokal atau Local Variable adalah variable yang di gunakan hanya saat di butuhkan saja, jadi variable ini otomatis terbuat saat event itu mulai dan di hapus saat event itu sudah selesai.
mengapa ada variable lokal? karena variable memakan memori. mungkin kamu memiliki variable yang hanya di butuhkan 1x (satu kali) saja,lebih baik memakai local variable, karena dengan memakai ini memori yang di pakai bisa lebih optimal.
contoh di atas dalam shop system
karena variable tersebut hanya di pakai saat berada di shop
memanggilnya sama seperti variable - variable sebelumnya

4.Global Variable

globalvar makanan,peluru;
makanan = 5
peluru = 300

Global variable adalah variable yang di pakai oleh semua objek/instance, sama seperti Local Variable,tetapi bedanya variable ini di hapus saat game selesai bukan saat event selesai.
sebenarnya sama dengan variable biasa,cuman semua objek dapat mengakses nya,mengganti nya, dan menggunakannya.
memanggilnya

draw_text(x,y,"makanan " + string(global.makanan) )
Atau
draw_text(x,y,"makanan " + string(makanan) )

Sumber: Sicheater | Dari Game Maker Indonesia (GMI)
Previous
Next Post »