Macam-macam tipe data di GML(Game Maker Language)

Jika teman-teman pernah memakai bahasa Pascal ,C++ dan lain-lain, pasti pernah mempelajari berbagai macam tipedata.  Diantaranya tipe data integer,float, char, long int, double, byte, string, Boolean dll

Namun didalam GML, menurutpengalaman saya, hanya ada beberapa type data saja. 2 diantaranya yang seringkita pake yaitu real dan string. Berikut adalah beberapa tipe data pada GML.

1) Real
Tipe dataini berupa angka desimal (berbasis 10) yang biasa dipake dalam mengekspresikanentitas / jumlah. Seperti speed, health, pi . . .dsb. Tipe data ini dapat mencakup semua jenis bilangan pecahan (range 1*10^-38 sampai 1*10^38).

2) String
Stringmerupakan tipe data bentukan, berupa kumpulan char yang membentuk suatu array 1dimensi. Tipe data ini dipakai dalam mengekspresikan teks. Seperti nama, lokasifile, url. . .dsb. Tipe data string dapat memuat semua character ASCII, namunkarena default range didalam Game Maker udah diatur yaitu (32 s/d 127) jika ingin memakaisymbol lain harus diubah menjadi (0 s/d 127).

3) Heksa

Tipe dataini berupa bilangan berbasis 16 (0,1,2,3,4,5,6,7,8,9,A,B,C,D,E,F). Didalam GMLtipe ini selalu diawali dengan tanda $ (contoh : $FF). Bagi yang sukamenggunakan code color heksadesimal, tipe data ini bisa menjadi pilihan.

4) Boolean

Boolean adalah tipe data yang hanya menampung 2 value, true dan false yang digunakan untuk statement "if","while" dan "do" . Namun dalam GML kedua value tersebut dikategorikan sebagai variable Constant , true bernilai 1 dan false bernilai 0 , sehingga tipe Boolean ini mungkin juga bisa dibilang tidak termasuk tipe data dalam GML.

Sumber: Muharif Al Hanif | Dari Game Maker Indonesia (GMI)
Previous
Next Post »